• rss

Richard “Rich” Skrenta, Penemu Virus Komputer Pertama

arsip kula|Rabu, 10 November 2010|07.19
fb tweet g+
Virus Elk Cloner dinyatakan sebagai salah satu virus mikro komputer pertama yang telah berhasil menyebar luas hingga keluar dari ruang lingkup tempat pembuatannya. Dibuat oleh Rich Skrenta, seorang murid sekolah menengah atas yang saat itu masih berumur 15 tahun, pada 1982. virus Elk Cloner yang ia buat, saat itu ditujukan untuk sistem komputer Apple II.

Virus Elk Cloner menyebar dengan menginfeksi sistem operasi Apple II dengan menggunakan teknik boot sector virus. Artinya jika kita melakukan booting komputer menggunakan floppy disk yang sudah terinfeksi, virus akan secara otomatis tersalin ke memori komputer. Apabila ada floppy disk yang masih bersih dari virus dimasukkan ke komputer yang telah terinfeksi oleh virus, akan menyalin program jahat tersebut ke dalam floppy tersebut.

Komputer yang terinfeksi akan menampilkan puisi dilayar saat booting ke 50. Virus Elk Cloner tidak membuat kerusakan, tetapi hanya mengubah sistem pada floppy yang berisikan Apple DOS. (Toni Irawan, praktisi IT, /“PR”)