• rss

Gempa Bumi dan Skala Richter

arsip kula|Senin, 22 November 2010|14.53
fb tweet g+
Menurut wikipedia, skala Richter atau SR didefinisikan sebagai logaritma (basis 10) dari amplitudo maksimum, yang diukur dalam satuan mikrometer, dan rekaman gempa oleh instrumen pengukur gempa (seismometer) Wood- Anderson, pada jarak 100 km dari pusat gempa. Sebagai contoh, misalnya kita mempunyai rekaman gempa bumi (seismogram) dari seismometer yang terpasang sejauh 100 km dari pusat gempa, amplitudo maksimumnya sebesar 1 mm, maka kekuatan gempa tersebut log (10 pangkat 3 mikrometer) sama dengan 3,0 skala Richter.

Skala Richter diusulkan oleh fisikawan dan ahili siesmograf dari AS, Charles Richter. Beliaulah penemu dan pengembang ukuran getaran gempa bumi. Slaka Richter pada mulanya hanya dibuat untuk gempa-gempa yang terjadi di daerah California Selatan saja. Namun, dlam perkembangannya skala ini banyak diadopsi untuk gempa-gempa yang terjadi di tempat lainnya.

Ilmuwan seiesomplogi dari AS ini lahir di Hamilton, Ohio, Amerika Serikat. Dia berhasil menyelesaikan gelar doktornya di Intitut California pada 1928, yang bernama Charles Richter pada 1927, Richter bekerja pada Institut Teknologi California tempat dia belajar dulu. Kemudian, dia diangkat menjadi profesor pada bidang seosmologi pada 1952. Richter mengembangkan skala untuk mengukur kekuatan gempa bumi pada 1935 yang dikenal sebagai skla Richter. Skala untuk mengukur kekuatan gempa telah diperkenalkan terlebih dahulu oleh pendahulunya De Rossi pada 1880-an dan Gieusepe Mercalli pada 1902, tetapi keduanya masih menggunakan skala kualitatif berdasarkan tingkat kerusakan bangunan, setalah terjadi gempa. Tentu saja ini hanya bisa diterapkan di tempat yang bangunannya dan sangat tergantung dari jenis material pembuat bangunananya.

Sementara Richter bersama rekan-rekannya sesama ilmuwan berhasil menemukan alat ukur kekuatan gempa, yang didasarkan kepada tingkat energi dilepaskan pusat gempa. Richter membagi tingkat kekuatan gempa itu dari ukuran satu hingga sembilan. Salah satu buku Richter yang cukup terkenal dibidang seismologi berjudul, Seismicity of the Earth yang ditulis bersama Gutenberg.

Richter mengaku bahwa skala yang ia kembangkan didapat secara tak sengaja, ketika sedang mengerjakan tugas doktoral untuk fisika teori di bawah Dr. Robert Mililkan, “Ia (Millikan) menawarkan saya bekerja di laboratorium seinsik di bawah Harry Wood” , katanya. Akhirnya disanalah ia mendapatkan data-data yang dijadikan dalam penentuan skala Richter yang legendaris itu.

Kini skala itu (dalam bentuk yang sudah dimodifikasi) digunakan untuk mengujur gempa bumi seluruh dunia.
Richter meninggal dunia di Pasadena, California, AS, pada 30 September 1985. (A. Sudradjat, dari berbagai sumber,/”PR”)