• rss

Sekilas Tentang Gunung Tampomas

arsip kula|Minggu, 05 Desember 2010|08.57
fb tweet g+
tampomas
Tampomas adalah sebuah gunung berapi yang terletak di Jawa Barat, tepatnya sebelah utara kota Sumedang (6.77° LS 107.95° BT). Stratovolcano dengan ketinggian 1684 meter ini juga memiliki sumber air panas.

Gunung Tampomas ditetapkan sebagai Taman Wisata Alam (WTA) berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pertanian Nomor: 423/Kpts/Um/7/1979, tanggal 5-7-1979 dengan luas 1.250 Ha. Menurut administrasi pemerintahan termasuk Kecamatan Buahdua, Conggeang, Sindangkerta dan Kecamatan Cibeureum Kabupaten Sumedang.

Menurut klasifikasi Schmidt dan Ferguson Gunung Tampomas iklimnya tergolong dalam tipe iklim B, dengan curah hujan rata-rata 3.518 mm per tahun.

Flora Vegetasi kawasan ini termasuk tipe hujan hujan pegunungan, floranya terdiri dari beraneka ragam jenis pohon-pohonan berkayu serta jenis-jenis dari golongan liana dan epiphyt. Flora yang mendominasi kawasan adalah: Jamuju (Podocarpus imbricatus) Rasamala (Altingia excelsea) Saninten (Castanea argentea) Fauna Satwa liar yang hidup dalam kawasan ini adalah : Kancil (Tragullus javanicus) Lutung (Trachypithecus auratus) Babi Hutan ( Sus vitatus), Macan Kumbang, Owa Jawa (Hylobates Moloch), Elang Jawa (Spizaetus bartelsi),dan beberapa jenis burung lainnya. (--dari berbagai sumber--)