• rss

Dinamika Kebudayaan

arsip kula|Senin, 27 September 2010|11.59
fb tweet g+
Dinamika kebudayaan disebut juga proses pergeseran masyarakat dan kebudayaan melalui proses enkulturasi, evolusi kebudayaan, divusi kebudayaan, akulturasi, asimilasi dan pembaruan/inovasi.

Enkulturasi
Enkulturasi suatu pembudayaan adalah proses mempelajari penyesuaian alam pikiran serta sikap dan tindakan seseorang terhadap adat, sistem norma dan peraturan yang berlaku dalam sistem kebudayaan.

Proses enkulturasi bilateral dimulai dengan meniru berbagai macam perilaku dimotivasi dan diinternalisasikan ke dalam kepribadianya.
- Secara sengaja, contoh: di keluarga, anak mencontoh perilaku orang tua.
- Tidak sengaja, contoh: menemukan sikap atau perilaku di luar lingkungan (dalam pergaulan).
- Kelembagaan, melalui pendididkan di sekolah yang dibuat dan diajarkan norma-norma pergaulan.

Divusi Kebudayaan
Divusi adalah proses penyebaran unsur sosbud lebih luas sehingga mengakibatkan dimana sunsur-unsur itu timbul unsur yang menyebar antara lain: pencaharian, bahasa dll. Devusi kebudayaan berlangsung melalui beberapa cara:
- Migrasi penduduk;
- Dibawa oleh orang-orang tertentu;
- Melalui pertemuan-pertemuan antar individu dari kelompok.

Akulturasi Kebudayaan
Akulturasi adalah proses sosial yang timbul bila satu kelompok manusia dengan satu kebudayaan tertentu dihadapkan atau dimasuki unsur-unsur budaya asing, sehingga lambat laun diterima dan diolah dalam budaya sendiri tanpa menghilangkan kepribadian budaya itu sendiri.

Faktor-faktor yang mempengaruhi berlangsungnya suatu akulturasi:
- Unsur-unsur kebudayaan asing yang mudah diterima dan sukar diterima oleh masyarakat penerima.
- Unsur-unsur kebudayaan yang mudah diganti atau diubah, dan unsur-unsur apa yang tidak mudah diganti atau diubah oleh unsur-unsur budaya asing.
- Individu-individu yang suka dan cepat menerima dan individu-individu yang sukar dan lambat menerima unsur-unsur kebudayaan asing.

Asimilasi Kebudayaan
Asimilasi adalah suatu bentuk proses sosial ketika dua atau lebih individu atau kelompok saling menerima pola prilaku masing-masing sehingga menjadi kelompok dengan pola prilaku baru yang terpadu penyebabkan:
- Ada bermacam-macam golongan manusia beda budaya;
- Kelompok manusia yang bergaul, intensitas yang tinggi dan relatif lama;
- Sifat khas budaya masing-masing berubah menjadi budaya campuran.

Pembaruan atau Inovasi
Inovasi adalah suatu proses pembaruan dari penggunaan sumber-sumber alam, energi, dan modal. Faktor-faktor yang mendorong seseorang untuk memulai aktivitas sehingga melahirkan suatu penemuan baru yaitu:
- Kesadaran setiap anggota masyarakat akan kekurangan akan kebudayaan.
- Kualitas orang yang mempunyai keahlian dalam suatu kebudayaan.
- Sistem perangsang bagi orang agar mau menciptakan sesuatu yang baru dalam masyarkat.

Evolusi Sosial Budaya
Evolusi atau evolution adalah perubahan suatu gejala/Fenomena yang berlangsung sangat lambat. Sesuai dengan perkembangan perubahan manusia.