• rss

Tahun Baru 1949 Caka Sunda

arsip kula|Selasa, 18 Desember 2012|00.08
fb tweet g+
Selasa, 23 Oktober 2012, merupakan tahun baru dalam Penanggalan Sunda, tanggal 1 Kartika tahun 1949 Caka, jatuh pada hari Anggara. Bulan Pertama dalam penanggalan Sunda disebut Kartika. Bulan kedua dan seterusnya: Margasira, Posya, Maga, Palguna, Sétra, Wésaka, Yésta, Asada, Srawana, Badra, dan bulan keduabelas: Asuji.

Nama-nama bulan ini berdasar pada perputaran Bulan mengitari Bumi atau Candrakala. Jumlah hari dalam tiap bulan 30 dan 29. Bulan Kartika jumlah 30 hari, bulan kedua Margasira berjumlah 29 hari. Bulan ketiga 30 hari. Begitu seterusanya berselang-selang, kecuali bulan keduabelas; Asuji, ada 29 hari juga ada yang 30 hari.

Candrakala dalam sebulannya dibedakan dengan Paro Caang (Suklapaksa) dan Paro Poék (Kresnapaksa). Paro caang, dimulai saat Bulan muncul sebelah kiri. Paro Poék, dimulai saat Bulan muncul sebelah kanan. Paro Caang dari tanggal 1 sampai tanggal 15. Memasuki Paro Poék dimulai lagi dari tanggal 1 sampai tanggal 15 atau 14.

Jumlah hari dalam seminggu tak berbeda dengan penaggalan yang lainnya, sama memiliki 7 hari: Radite (Minggu), planetnya Matahari; Soma (Senin), planetnya Bulan; Anggara (Selasa), planetnya Mars; Buda (Rabu), planetnya Merkuri; Pespati (Kamis), planetnya Jupiter, Sukra (Jumat), planetnya venus, dan Tumpek (Sabtu), planetnya Saturnus.

Penanggalan Sunda juga memiliki penanggalan yang berdasar pada Bami mengitari Matahari: Suryakala. Nama-nama bulannya: Kasa, Karo, Katiga, Kapat, Kalima, Kanem, Kapitu, Kawalu, Kasangga, Kadasa, Hapitlemah dan Hapitkayu. Jumlah harinya 31 dan 30. Kasa: 30 hari, Karo: 30 hari, Katiga: 31 hari, berselang-selang, kecuali Hapitkayu jumlahnya 30 atau 31 hari.

Candrakala dan Suryakala kegunaannya berbeda. Candrakala untuk keperluan sehari-hari, paling tidak dipakai buat penanggalan, hitung-hitungan buat melakukan pekerjaan. Suryakala dipergunakan untuk keperluan bertani. Sebab Suryakala lebih dekat dengan keadaan Bumi yang dipengarungi Matahari. (Nanang S/Galura)

Apabila sobat ingin melihat Penanggalan Candrakala 1949, silahkan klik di sini