• rss

“Kangkung” Makanan Rakyat dengan Segudang Manfaat

arsip kula|Minggu, 18 Januari 2015|20.31
fb tweet g+
Seperti halnya tahu dan tempe, kangkung sudah menjadi makanan yang sangat dekat dengan masyarakat kita, khususnya di Jawa Barat.
Namun siapa sangka, kangkung yang oleh sebagian kalangan diidentikan dengan makanan rakyat, ternyata punya segudang manfaat

Kangkung Makanan Rakyat dengan Segudang Manfaat
Foto: w.motivasilangsing.com
1. Sakit kepala
Kangkung bisa menghilangkan sakit kepala. Seikat daun kangkung segar direbus dengan 2 gelas air hingga 1 gelas. Kemudian air hasil rebusan tersebut diminum.

2. Mengurangi nyeri haid
Daun kangkung juga dapat mengurangi nyeri haid. Caranya, kira-kira setengah kilogram daun kangkung dicuci dan ditumbuk halus. Tuangkan air setengah gelas, kemudian saring dan tuangkan 1 sendok makan madu. Minum 1 kali sehaeri sekaliuangkan 1 sendok makan madu. Minum 1 kali sehari sekaligus.

3. Mimisan
Bagi anak-anak sering mimisan, dapat diobati dengan daun kangkung. Seikat daun kangkung yang segar dicuci dan ditumbuk halus. Tambahkan sedikit gula dan seduh dengan segelas air panas. Setelah dingin, saring, minum dua kali sehari.

4. Ambeien
Segenggam akar kangkung dicuci dan direbus dengan tiga gelas air hingga tersisa setengahnya. Setelah dingin, minum setengah gelas dua kali sehari.

5. Insomnia
Jika sulit tidur atau insomnia, daun kangkung sering dikonsumsi dengan cara ditumis tanpa batang. Tumisan daun kangkung merupakan obat mujarab pada penyakit ini.

6. Sakit gigi
Segenggam akar kangkung ditambahkan setengah senduk teh cuka, kemudian direbus dengan satu gelas air. Minum air rebusannya satu kali sehari.

7. Melancarkan air seni
Juka buang air seni Anda terganggu, atasi dengan segenggam akar kangkung direbus dengan dua gelas air hingga tersisa satu gelas. Minum air rebusannya sekaligus satu kali sehari.

8. Menghilangkan ketombe
Seikat daun kangkung direndam semalam hingga airnya berwarna kebiruan. Lalu, keramas dengan air rendaman. Sebaiknya dilakukan tiap hari.

Selain itu, seperti dikutip dari Manfaat.co.id, tanaman kangkung juga memiliki manfaat lain yang tidak kalah pentingnya yakni:

1. Mencegah anemia
Kangkung mengandung zatt besi yang dapat merangsang produksi sel darah merah dalam tubuh.

2. Pencegahan diabetes
Mengomsumsi kangkung menghasilkan zat-zat yang mampu menghambat penyerapan gula pada tubuh. Jadi Anda mungkin tidak terlalu khawatir jika memakannya dengan nasi.

3. Menambah kualitas otak
Dengan kandungan vitamin B kompleks dan omega 3, membantu kinerja otak lebih baik, sehingga sayur kangkung sangat baik dihidangkan pada anak-anak yang dalam masa pertumbuhan.

4. Kesehatan jantung
Kangkung memiliki nutrisi penting dan kandungan yang cukup tinggi vitamin A dan C, serta beta-karoten, yang dapat membantu mengurangi radikal bebas di tubuh sehingga dapat membantu mencegah kolesterol yang teroksidasi. Folat yang terkandung dapat membantu untuk mengonversi bahan kimia yang berpotensi berbahaya yang disebut homosistein, yang pada tingkat tinggi dapat menyebabkan serangan jantung atau stroke.

5. Menjaga sistem imun
Sayuran hijau salah satu sumber sayuran yang dapat menjaga sistem imun dan meningkatkan kekebalan tubuh manusia.

6. Sangat baik untuk mata
Pada kangkung terdapat kandungan vitamin A, karotenoid, dan lutein. Ketiga kandungan vitamin dan mineral ini dapat membantu menjaga kesehatan mata. Selain itu, zat ini dapat membantu mencegah katarak

Sumber: Ahmad Yusuf/*Pikiran Rakyat** Rabu, 17 Desember 2014